Panduan Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Online Terbaik



Modernisasi benar-benar telah mengubah kebiasaan masyarakat kita. Jika sebelumnya penyebaran informasi hanya dilakukan melalui media cetak dan elektronik, kini informasi secara cepat dapat tersebar dengan baik melalui media internet, khususnya melalui jejaring sosial.

Bahkan, melalui media sosial telah membentuk ruang publik, di mana masyarakat bebas mengekspresikan pendapat atau aktivitasnya.

Berdasarkan kutipan berita yang dilansir dari Vivanews.com pada 17 Maret 2011, menurut survei yang dilakukan oleh Candytech pada tahun 2011, Indonesia menjadi negara terbesar kedua setelah Amerika Serikat sebagai pengguna Facebook terbanyak, yakni hampir mencapai 34 juta anggota, atau tepatnya 33.920.020 anggota. Hal Ini tentu menjadi peluang bagi mereka yang ingin mendapatkan kesempatan untuk melakukan bisnis online terbaik. Media sosial dianggap sebagai strategi jitu untuk memasarkan produk atau jasa secara online.

Namun, media sosial tak hanya terpaku pada Facebook saja. Melainkan, juga terdapat Twitter, Google+, blog, forum, Linkedln, Pinterest, dan lain-lain. Jadi, bagaimana cara Anda untuk menetapkan media sosial sebagai langkah untuk strategi pemasaran Anda?

Gunakan Media Sosial dengan Hati-Hati

Mengapa media sosial sangat penting untuk keberlangsungan bisnisonline terbaik Anda?

Jawabannya sederhana.

Media sosial merupakan platform sempurna yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi secara langsung dengan customer yang sudah Anda dan customer potensial lainnya. Dengan demikian, Anda dapat menggunakan media sosial untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

Namun, jika Anda menggunakan media sosial untuk membantu strategi pemasaran, maka Anda perlu berhati-hati. Oleh sebab itu, poin-poin berikut harus Anda perhatikan terlebih dulu:

- Menjawab semua pertanyaan dari semua calon customer potensial.
- Bersiaplah untuk meminta maaf jika terdapat customer yang mengalami masalah di situs website Anda.
- Jika terdapat customer atau calon customer mengeluh, maka jangan segan-segan untuk minta maaf. Pecahkan masalah dan dapatkan kembali kepercayaan customer

Jangan mengabaikan poin-poin di atas. Jika sekali saja Anda mengabaikan dan tidak menanggapi calon customer di media sosial, maka hal tersebut akan menjadi citra yang buruk bagi bisnis online Anda.

Manfaat Media Sosial Sebagai Penunjang BisnisOnline Terbaik Anda

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan. Berikut adalah keuntungannya bagi bisnis online terbaik Anda:

Perluas Jaringan

Dengan menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, hal tersebut akan memungkinkan Anda untuk memperluas jaringancustomer. Sehingga, akan memungkinkan lebih banyak orang melihat produk-produk Anda yang tidak biasa terjangkau dengan media iklan lainnya.

Intinya, dengan menggunakan media sosial, Anda memiliki kesempatan untuk terus tumbuh dan menjalin hubungan dengan customer potensial hanya dengan terus aktif dalam media tersebut.

Meningkatkan Visibilitas

Anda dapat menggunakan media sosial untuk membiarkancustomer tahu dan terus mengikuti apa produk atau jasa terbaru yang Anda tawarkan. Ketika Anda memberikan penawaran-penawaran besar, maka calon customer akan lebih mungkin untuk berbagi dan menyebarkan bisnis Anda ke teman, keluarga, yang juga tertarik dengan produk yang Anda tawarkan.

Terlebih, jika Anda telah memiliki banyak followers (pengikut)  dalam akun bisnis dalam media sosial, maka tinggal bagaimana cara Anda untuk memberikan penawaran-penawaran terbaik untuk meraih haticustomer.


Contohnya, Anda dapat melihat akun Twitter pada Lazada. Dalam capture di atas dapat dilihat bahwa Lazada memiliki followers sebanyak 73,2K atau yang setara dengan 73 ribu lebih follower. Dengan banyaknya followers pada akun Lazada, hal tersebut semakin memungkinkan Lazada memperoleh jangkauan pasar yang lebih luas lagi.

Meningkatkan Loyalitas dengan Konten

Dengan  menggunakan media sosial, hal tersebut merupakan langkah terbaik untuk pemasaran Anda. Untuk itu, Anda dapat menggunakan konten online dengan tujuan agar publik tahu lebih banyak tentang bisnis yang sedang Anda jalankan dan bagaimana cara Anda dalam menangani customer Anda.

Misalnya, Anda ingin berjualan online dan menerapkan sistem dropship dengan mengambil produk dari Clothingman Store Setelah mempunyai produk, Anda bingung harus memulainya dari mana untuk menjual produk secara online.

Untuk itu, Anda harus mencari konten-konten yang dapat memberikan edukasi untuk Anda, misalnya seperti halnya artikel-artikel yang ada di Belajar Jualan Online.

Nah, itulah mengapa menambahkan konten baru yang banyak dibutuhkan merupakan sesuatu hal yang wajib dilakukan untuk menciptakan hubungan baik dengan customer potensial. Hal tersebut juga untuk meningkatkan loyalitas merek dan jaringan customer.

Bahkan, dalam konten tersebut, Anda juga bisa menyisipkan soft sellingdengan menyinggung beberapa produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Menjaga Hubungan Baik dengan Menerima Kritik dan Saran

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, media sosial akan menciptakan ruang publik baru. Itu artinya, Anda harus bersiap-siap menerima saran ataupun kritikan dari customer melalui kolom komentar.

Jika ada saran terkait dengan permintaan baru sebuah produk, maka Anda juga harus berusaha untuk memenuhi permintaan calon customer tersebut. Pun jika terdapat kritikan untuk bisnis online Anda, maka jangan ragu untuk memberikan tanggapan atau menawarkan solusi terhadap masalah-masalah yang muncul.



Contohnya, hal ini bisa Anda lihat pada Fanpage Jilbab Indonesia di Facebook. Jilbab Indonesia adalah salah satu toko online yang menjual jilbab maupun busana islami untuk wanita muslim. Baik pada gambar capture di atas ataupun pada halaman fanpage, admin secara aktif menanggapi saran, kritikan, ataupun pertanyaan daricustomer potensial. Aktifnya admin Jilbab Indonesia, berpengaruh besar terhadap like, komentar, serta share yang dapat menambah jangkauan customer-nya.

Panduan untuk Menggunakan Media Sosial Sebagai Pemasaran

Sebelum Anda menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran, pertama yang harus Anda ketahui adalah,
- Apa tujuan bisnis Anda?
Apa target yang ingin Anda capai dengan melakukan pemasaran melalui media sosial?
Siapakah target market Anda, dan bagaimana mereka menggunakan media sosial?
Apa pesan yang ingin Anda sampaikan ke calon customer melalui media sosial nanti?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya harus Anda temukan terlebih dahulu jawabannya. Hal ini sebagai rencana untuk memantapkan strategi pemasaran Anda dengan bantuan media sosial.

Pada intinya, strategi pemasaran melalui sosial media yakni untuk mengembangkan tujuan Anda. Misalnya seperti:

- Mendapatkan traffic ke situs website Anda
- Konversi
- Kesadaran akan sebuah merek
- Menciptakan identitas merek
- Komunikasi dan interaksi dengan calon customer

Baiklah,
Semoga Bermanfaat
Dan jangan lupa praktek ya.. ^0^

Baca juga,
Strategi Pemasaran Bisnis Online Terbaik dengan Memanfaatkan Media Sosial
Agar tetap pada jalur yang benar

Related Posts

Panduan Memanfaatkan Media Sosial untuk Bisnis Online Terbaik
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan postingan kami? Please subscribe untuk mendapatkan artikel terupdate langsung via email.