Pahami Apa Itu Copywriting Dalam Bisnis Online

Apa itu CopyWriting ?

Copywriting adalah sebuah teknik menghasilkan tulisan yang membuat pembaca memberikan respon yang kita inginkan – tulisan ini di disebut copy.

Copy dibuat agar pembaca mulai membeli, mendaftar, mengingat, atau melakukan tujuan lain yang Anda inginkan dari tulisan Anda. Copywriting sangat penting dalam bisnis online yang menggunakan media tulisan untuk berhadapan dengan calon pembeli.


Dalam bisnis online, secara sederhana, menggunakan teknik copywriting sama seperti menggunakan salesman untuk menarik calon pembeli untuk membeli produk kita. Hanya saja ini salesman ini berwujud tulisan di dalam website maupun iklan apapun yang menggunakan media tulisan.

Mengapa copywriting sangat penting ?

Melewatkan copywriting dalam bisnis online sama saja membuang 80% biaya dan waktu.

Berbanding terbalik dengan itu, pengetahuan sebagian pengusaha bisnis online tentang pentingnya menggunakan teknik copywriting sangat minim. Sehingga banyak biaya dan waktu terbuang karena menerbitkan iklan atau kontent yang kurang atau bahkan sama sekali tidak menarik minat pembacanya.

Untuk siapa copywriting digunakan ?

Copywriting digunakan untuk pengusaha, blogger, marketer, dan siapapun yang ingin menjangkau audience lebih besar dengan menggunakan tulisan.

Copywriters menjadi profesi yang mampu menghasilkan ratusan juta pertahun. Di Amerika rata-rata copywriters menghasilkan 55.420 USD atau sekitar 650 jutarupiah per tahun.– data dar US Bureau of Labor & Statistics 2013

Secara umum copywriting bisa digunakan untuk dua jenis tulisan :

Tulisan yang panjang (long copy) seperti artikel atau yang pendek (short copy) seperti iklan di website.

Copywrting yang tepat akan menghasilkan kata–kata yang mampu meningkatkan omset penjualan, mempromosikan dengan lebih baik, dan menjangkau lebih banyak orang.

Apa inti dari copywriting ?

Inti dari copywriting adalah menyampaikan apa yang Anda tawarkan dengan bahasa yang diinginkan konsumen Anda.

Untuk melakukannya, Anda tidak hanya harus mengenal produk tapi juga mengenal konsumen Anda.  Hal ini TIDAK dilakukan dengan perkiraan, tetapi dengan menggunakan metode ilmiah dari data dan survei.

Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk melakukan survey. Salah satu cara yang bisa digunakan ada disini atau Anda bisa melihat data dari google keywords maupun melihat tren dari media sosial untuk tulisan Anda.

Bagian ini mungkin sedikit melelahkan, tapi dengan menggunakan metode ini, Anda bisa menaikkan kemungkinan peningkatan target penjualan melalui tulisan Anda.

Related Posts

Pahami Apa Itu Copywriting Dalam Bisnis Online
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan postingan kami? Please subscribe untuk mendapatkan artikel terupdate langsung via email.